18 Juli 2008

inget selalu


Jumatan..kantor dirajai sama kaum perempuan. Break sejenak ah..mo mengulang sedikit masa-masa tak terlupakan. Masa aq KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Gondomanan Jogjakarta. Katanya siy melatih kita2 yang masih mahasiswa untuk berbaur dengan masyarakat, memupuk rasa kemasyarakatan, mengaplikasikan ilmu yang didapat di bangku perkuliahan ke dunia nyata. Itu kali ya yang menginspirasi nama Mata Kuliah ini menjadi Kuliah Kerja Nyata.

UGM tempat aq kuliah ini memang sudah biasa mengirim mahasiswa/i-nya di daerah aq ditempatin. Di Kec. Gondomanan, Kelurahan Prawirodirjan teparnya di RW 10. Aq dan 12 teman lainnya cukup diterima dengan baik. Markas (kemudian disebut posko) kami mereka sediakan di rumah perkumpulan warga. Nyaman. Menyatu dengan lingkungan. Di depan posko selalu ada penjaja makanan yang nangkring sampai kami pulang. Karena kami angkatan Ekstensi UGM (sebagian besar sudah kerja), jadi jadwal KKN pun tidak seharian, mulai dari pukul 16.00 s/d 21.00 setiap hari selama 2,5 bulan.

Kegiatan beragam yang kami ikuti di sana. Masyarakat sangat antusias setiap kali ada acara yang kami adakan dan melibatkan mereka. Misalnya kegiatan pengadaan bibit tanaman obat dan bunga di Kebun Warga.











Selain itu ada juga kegiatan bibingan belajar bagi anak2 sekolah. beragam sebenarnya mata pelajaran yang diajarkan, sesuai dengan bangku sekolah mereka. Kadang by request gitu yg diajarkan. Tergantung mereka ada PR mata pelajaran apa. Belajar baca tulis Al quran juga.





Emang selama KKN ada susah senengnya, tapi klo dikenang, sekarang yang keinget itu masa-masa senengnya aja.hehe.. Misalnya tiap kali 17 an tiba, aq pasti inget perlombaan yang pernah kami adakan kala itu. Takkan lupa deh, selain perlombaan yang berkesan adalah acara tirakatan, mengharu biru, hikmat, dan berkesaaaaaaaa...n sekali.





Acara perpisahan. Tanpa kami duga, warga sudah menyiapkan acara perpisahan dengan segala bentuk pergelaran. Mulai dari acara karawitan, perlombaan, dan hiburan lainnya. Serasa diistimewakan rasanya malam itu. Acara akhirnya di tutup dengan sedu sedan pelepasan. Takkan kulupakan semua, tiap detik yang terlalui. Terima Kasih semua. Kami bukan apa-apa tanpa dukungan semua lapisan masyarakat. Terima Kasih.




PS. Adib, Mas ii, Mas Bambang, Ozie, Doni, Fajar, Igun, Lie, Genjah, Huda, Mbak Dyah persahabataan akan selalu mengikat kita semua. Semoga kenangan bersama slalu di hati kita masing-masing. Amin



by: nora siska putri ^_^



Tidak ada komentar: