24 Juli 2010

dari milis sekitar curhatan bunda, calon bunda dan calon ayah

Pernikahan, adalah langkah awal dalam menempuh baru kehidupan. Hidup menuju mandiri, menuju kedewasaan cara pandang. Dulu boleh saja semau sendiri. Mo jalan kemana aja tergantung maunya hati. Inget pengen ke Blok M plasa tinggal berangkat, ingat pengen makan asinan di Bogor, saat itu juga langsung tancap gas bus ajah. Bedanya, sekarang mo apa, kapan, dengan siapa, kudu didiskusikan dulu dengan imam alias suami karena sekarang "istri adalah pakaian suami dan suami adalah pakaian bagi istrinya". Karena suami dan istri adalah satu kesatuan, suami istri adalah senyawa yg merupakan gabungan dari 2 unsur pribadi.

Dikatakan gampang, mungkin tidak juga ketika menginjak awal-awal pernikahan. Penyesuaian diri mulai dari karakter dan kebiasaan, kemudian perbadaan yang mencuat dari cara pandang terhadap suatu masalah adalah bumbu penyedap diawal pernikahan yang melengkapi kebahagian.

Beberapa waktu yang lalu dalam sebuah milis kelas YISC di Al Azhar, terangkat lah tema obrolan sekitar kehidupan awal pernikahan. Maklum, tema semacam ini memang gk ada habisnya menjadi topik pembicaraan. Karenanya tergelitiklah aq untuk mengabdikannya kedalam blog ini. Pasalnya, klo tetap di dalam inbox, nantinya hanya akan masuk kedalam tong sampah setelah sekian lama ditumpukkan tema2 baru mengingat kerajinan q membersihkan inbox dari email-email yang sudah pernah q baca. Sayang kan. Makanya sebelum akhirnya terbuang percuma, mending diselamatkan kedalam catatan q ini.

awalnya ada seorang teman, yang sudah tidak sering lagi hadir di forum pengajian YISC tiap minggu seperti halnya aq karena kesibukan menjadi ibu baru menyapa penghuni milis. Begini katanya:

Rimba Domesti:

Assalamualaikum,
Maaf lama nggak kontak, mau nimbrung di milis takut udah pada lupa sama sayah, kan maluu.
Banyak berita terlewatkan, karena semenjak melahirkan baru bisa internetan lagi, hehehe.
Untuk yang penganten baru, semoga bisa menjalani hidup bahagia dengan pola yg baru.
Dan untuk yg udah jadi orang tua baru, semoga bisa mencetak anak yg shaleh/shaleha.
Itu ditujukan buat sayah juga sih sebenernya, hehehe..,

Yelvi:

Waalaikumsalamwrwb,
Dear Rimba,
Ini pasti rimba yg pke jilbab itu y (anak2 yisc kan umumny bjilbab). Kayakny masi inget deh, yg udah merit itu kan?. Coba Aq tanya balik masih kenal akuhh tdk?. Silahkan meramaikan milist ini yg biasany isiny seputar lahiran ato merit, mkn sebagai ajang plepas rindu juga boleh ato sekedar say Hello . Btw sudah punya anak brp?Kls pasca baru dmulai nih, gabung aja lagi


Rimba Domestik:

dear yelv,

ya iyalah aku rimba yang udah merit itu, pan udah punya anak.,
aku sih inget yelv, yg pake jilbab & cantik itu kan, hehehe.,
pinginnya sih ikut lagi, tp skrg2 blm bisa, bayiku masih kekecilan & aku tinggal jauh di depok sekarang.

SUkses aja buat YISC dan semuanya.,

Tika:

Hello bunda rimba...


Wuahh seneng ada kabar kabari dr rimba ditengah ksibukannya di "rimba" barunya brsm suami n baby nya ‎​​​‎​‎​he...

Eh upload foto bebinya dunk ‎​​​‎​‎​he..

Bunda tri n bunda damay pa kbrnya jg nih?*kiss kiss bwat bebibebi yawh :)

Boleh lho,sharing pngalamannya as bunda dsini.biar pd blajar ‎​​​‎​‎​he...

Yelvi:

Rimba jgn sampe ktuker yawh,,yg cantik d Kls B itu banyak ,,most wanted lah d angkatan alfikr,,makanya banyak akhwt klas B yg masih jomblo krn sibuk mmilih (mhibur diri),,bukan bgtu jeunk Tika??
iy tuh beneer sharing pngalaman yg sdh brumah tangga ato yg sdh puny momongan donk,,foto2ny silahkan d aplot


Me:

Assalamu'alaikum semua ^_____^

serasa terpanggil nih begitu baca tema milis kali ini :)
sharing..sharing. .apa ya yg bisa di sharing..kayaknya sama ma artikel2 yg pernah hadir dimilis qt. seperti artikel yg dikirim mr.nasution kemarin dulu (yg tulisannya kecil n panjang bgt itu lho hehehe)

Berhubung Aq sudah merried, punya pengalaman selangkah dari pd yg lagi proses menuju pernikahan. 6 bln (masuk 7 bln) pernikahan, rasanya semua berjalan lancar..seperti apa yg aq cita2kan..misalnya solat jamaah yg aq idam2 kan bersama suami, perhatian dan kasih sayang yg aq khayalkan (bahkan ternyata lebih), saling mengingatkan ketika salah satu lupa, kerjasama menyelesaikan masalah (ini bikin aq ngerti sifat2 dan perbedaan cara pandang terhadap satu masalah), kemudian hal-hal mengagetkan yg tak pernah aq pikir kemudian ada dihadapan kami, air mata ketika sakit, air mata suami q ketika tau berita kehamilan q, pertengkaran kecil dan air mata q, sampe adaptasi sama semua anggota keluarga masing2 yg memperkaya rasa dan dewasa q. Semua nya lengkap dan q nikmati detik demi detik dengan alas sabar dan hati yg lapang.

kedengarannya gampang ya teman2...? tp tidak jarang juga keras kepala q hadir yg hrs di lunakkan dengan dengarin murotthal. ada kalanya jg aq nyadar pernah bikin suami q sedih krn nya...yg membuat q mencium tangannya dan meminta maaf.

umur pernikahan yg baru 6 bln (memasuki 7 bln) ini masih terlalu muda memang. Tapi satu rumus ampuh yang sudah dapat aq simpan menghadapi apa aja yg hadir dihadapan q dalam merangkai hari2 q kedepan bersama suami q tersayang yaitu saling komunikasi.
Ketika aq sedih, aq bilang, ketika aq marah dia mengerti, ketika aq senang aq juga komunikasikan. Karena kalimat "aq lg seneng bgt, Sayang, terima kasih" disertai senyum adalah seember air zam-zam. Sejukkkkkkk nian rasanya. Coba deh...

Apalagi ya yg bisa di share..mungkin segitu dulu. mungkin ada yg nanya, dipersilakan (halah belagak hahahaha...) :p


tika:


wheww,,,nice bunda nora...
iya iyah,,,sepakat tuh,,komunikasi emang kuncinya,,,aku jg gt..lho, salah ya?!...*berkhayal :p
trus trus apa lagi nora??perbedaan selera makan? ga penting ya ckck...
trus ktnya pas istri hamil,si suami makin sayang ya, begitu ya nora? :D
pernah ngidam yg aneh2 n bikin kesel suami ga? ckck
kynya kl ktemu lgsg lbh LIVE nih sharingnya hihi...
smuga tetep romantis sampe nenek n kakek ya...
niy juga ada pengalaman beberapa pasangan yg sdh lanjut usia.
mereka blg bhw romantisme itu perlu n hrs dipupuk/biasakan sjk awal menikah.
bayangin aja, di usia mereka yg hampir 80th, si suami msh suka bikin surprise misalnya kasih bunga di tempat tidur utk istrinya...aduwhhh. ..kynya ga smua bs gt ya..*sotoy :p
Btw,Yelvi,,, apa ya...ahaha.. .speechless gw... *
we're hi quality jomblo'ers, gitu mksdnya ya yel??wkwk
*iya deh lumayan menghibur diri :p
ayo siapa lg yg mau berbagi??
dari bapak2nya mn yg crita nih he...soon ya...


Me :

hehehe..

klo perbedaan selera makan ada..tp makan ya tetap aja jalan :)
misalnya: suami q suka fast food, aq gk
aq suka sayur, suami q gk
tp dia mau mkn sayur klo aq lg mkn sayur jg, artinya dia gk kaku ma kebiasanyanya yg sedikit mengkonsumsi sayur, aq yg awalnya gk suka fast food, jd sering nyium masakan fast food jd hidung skrg suh terbiasa dg ada nya makanan jenis itu dimeja makan, tidak anti lagi. Tp suami gk maksain hrs ikt mkn jg..malah klo lg jalan n hrs mkn di luar, nyari tmpt yg ada menu kesukaan aq n dia. saling mengerti aja.

klo cerita masalah romantisme, suami q lebih romantis drpd aq. tp lama2 jd ketularan :D
klo da yg nanya ada berapa kali kata "sayang" dalam sehari yg di ucapkan suami q? mungkin ratusan :D (ya iyalah manggil nya jg "sayang" hahahaahhahaaa. ..)
Sssttttt seru lho pacaran setelah nikah :) dr nol sama2..rasa sayang dr hari ke hari selalu bertambah (alhamdulillah)

hmm..ngidam, aq gk banwel hamil nya..sampe2 pertama kale aq nunjukin gejala ngidam..yg seneng malah suami q. Katanya: "Nah ini nih Yang, yg namanya ngidam.." hehehe aq malah yg bengong :d

sebisa mungkin tiap kale ada cross langsung di bahas dan dicari solusinya.
mohon doanya ya teman2 moga saling sayang sampe nenek kakek..

Moga tmn2 yg lg proses dimudahkan dan dilancarkan prosesnya dan yg belum niat jd bener2 niat dan semangat Amiin..

makasi ya tika.


yelvi:

@ tika : hu'uh kyakny,,,tp blm terakreditasi
@Nora : Tips & Trick mnangani suami yg pundung gmn?apa dengan masakan ato cukup dengan senyuman , coba d bocorin corrective action & preventive action ny



Me :

waaa jd punya utang nih ditanya Yelvi..


klo suami pundungan? hmmm...tetap dengan komunikasi.. .tanya konslet nya dimana? Nah masalahnya, tiap org beda2 gitu cara ngebujuk or nyairin kepundungannya. ajak bicara, awali dengan suara yg lembut, o iya, kata maaf adalah kunci untuk membuka manyunnya org yg lg pundung. karena murninya tiap org ketika lg pundung (marah), ngerasa dia bener diatas yg benar. Jadi ketika kita ucapkan maaf (mo yg benar kita or dia, abaikan dl) dia akan melembut, krn kita sudah merangkul harga dirinya. Begitu sudah bisa membuka gerbang komunikasi, bicarakan dengan pelan2. siapa tau nanti dia bisa sadar, dan minta maaf balik ketika sdh tau dimana salahnya dia.

Klo dia (suami) emang pundungan "abiissss"!! cari tau cara yg biasanya bisa meluluhkannya. awali dg cari tau masalah/alasan yg menyebabkan kepundungannya. tiap org beda cara mengatasinya. (Yelvi hadapi org nya gmn..? yg memicu kepundungannya itu hal-hal seperti apa? yg prinsipkah or hal2 sepele...?). yang jelas sebaik mungkin Hindari hal-hal yg bisa memicu kepundungannya. klo menurut aq, seiring waktu pasti ada jurus khusus untuk mengatasinya. dengan mengenali sifatnya lbh dekat.

maaf ya jawabannya agak teoritis..
klo blm puas, chit chat aj yuks..biar lebih clear :)


salam


Rimba domesti :

Waa, senangnya, jadi rame juga ngebahas curhat2an, meski sedikit2 tapi bisa u/ cerminan.

Bahagianya jika membaca ceritanya nora bersama suami. Dan kebahagian makin berlipat dengan hadirnya sang buah hati (meski masih dlm peyut yah.,).
Semoga rekan2 lain yg blm menikah suatu saat bisa pula merasakannya dengan cara yang tak kalah indah.

Eit eit eit... tapi inget, tidak semua lelaki sama, lho.
Siap-siap aja makan ati kalo dapetin yang modelnya kayak suamiku (tersayang., )
Hmm boro2 romantis, kalo ngomong timpal-timpalan mulu.
Mana pernah bilang cinta, sayang, menatap mesra, ngasih bunga... Hah, dalam mimpi aja enggak.
Udah cape2 masak, dandan utk menyambutnya pulang, eee... dateng dari kantor langsung maen ama baby (Naura Raihanna- red).
Senengnya bercanda yg agak keliwatan (contoh: perang upil -- maap rada jorok, heheh)
Hobi baca, sampe kalo istrinya ngomong mesti berulang-ulang.
Kalo bobo malem suka nomaden. Dikasur, pindah ke karpet, pindah ke sofa, pindah ke lantai, ke kasur lg, dst dst.
Kalo lagi ngobrol ama temen/sodaranya, istrinya dikacangin.
Kalo lagi di luar kota jarang kasih kabar sebelum istrinya sms/tlpon.
Masih nyimpen kenang2an dari tambatan hatinya dulu.
Dsb dsb hal hal nyebelin lainnya.

Tapi kalo ingat dia begitu baik (bahkan pada orang lain), sebelnya ilang.
Kalo inget dia bertanggung jawab & kerja kerjas cari rezeki halal utk keluarga, ngambeknya gak jadi.
Kalo inget dia mengantarku ke dokter gigi, jd senyum sendiri.
Setiap kontrol kehamilan dia selalu menemani, bahkan sampai melihat seluruh proses kelahiran.
dan waktu2 bersama lainnya terutama dlm menghadapi masalah, mmh jadi terobati semua kesalnya.

Bagiku, cinta itu seperti iman.
Diyakini dalam hati, diucapkan dgn lisan & diamalkan dgn anggota badan.

Kami sadar, kami belum saling mencintai.
Namun ada itikad baik untuk saling menyayangi karena Allah, serta menikmati semua limpahan rezeki dari-Nya, maka aku yakin, aku tak kalah bahagia dengan pasangan2 lain di bumi ini.

Jangan mengharapkan kesempurnaan dari pasangan, karena ingatlah kita pun penuh kekurangan.
Wallahualam.

NB: Kok yg rajin curhat para wanita yah? Ihkwannya mannna?


Fatah:

subhanallah. ....jadi speechless denger kisah kisah para ummi...sampe merinding dengernya... .
Selamat berjihad ya, semoga mencetak para generasi yang soleh/ solehah...


Yelvi :

@Rimba, Nora, Damay, Tri :
artinya : Mupenk, mengelitik ceritanya, alhamdulillah kalian telah merasakannya, okey akan di ingat pesan2ny en doakan kami semuaaaaa segera menysul yawh


Myah:

@Rimba, Nora, Damay.....terima kasih atas cerita yang begitu indah, yang Insyaallah bisa jadi shar yang begitu berharga bagi kita2 yang akan menuju ke sana. Selamat yach.....kalian sudah 1 level di atas kami....hehehe, jadi pingin cepet2 mengalami hal2 indah itu (idem kaya yelvi mupeng.com :D)

Tika:

Bunda Rimba,
Tengkyu udah berbagi pengalaman berharganya, ,,
bisa memperkaya wawasan kita2 yg "belom" (berat blgnya :p)
semalem pas baca lgsg jd teater deh otakku,,,
ngebayangin lucunya ayah n bunda naura perang up*l ckck...
wahhh salutttt,i guess u're the only women yg mampu menampingi lelakimu amiinn he,,,Perfecto! ! *sotoybanget
yayaya,,,jujur tak terbantahkan spt ungkapan mia n yelvi, perlu diulang ga ya,,mup**g :D
ayooo ada lagikah kisah suka penuh warna atau lara berakhir ria :p
ga sabar dgr crita dr agus nih hihi


Tri:

yg udah punya bebi..ato sedang menanti bebi.. ato lg gencar2nya berdoa minta bebi..
kumpul yuk d YISC.. bawa bebinya ato gembolannya (buat yg lg hamil..gembolan peyut...:))
kita kumpul2 ketemuan sama para single fighter..biar tambah mupeeennggg. .^^
jeng tika n yelvi klo bnran bs kumpul ada jamuannya ga..??? :D

Syam:

boleh tuh...tmn2 di jadwal kegiatan kumpil2 kls B ya...bisa kan menyiapkan waktu ruang tuk kumpul


bunda Rimba ikhwannya dateng nih sang putraduah eh hisyam jamal heheheee, alhamdulillah dari cerita Ukhti Rimda N Ukhti Nora aq sedikit terkesan sama ilmu ihklasnya yg di terapkan dalam keluarga...secara pandangan ku orang yg belum berkuarga bahwa saling meneria, mengharga, saling memperhatikan, melakukan sesuatu tanpa imbalan merupakan konci kebahagian keluarga (sotoy.com) aq dpt kt2 ini dr narik kesimpulan dr cerita2 ukhti loh.

aq boleh tanya ya ukhti rimban ukhti nora...kira2 seroang suami yg bagaimana (karakter/sifat) yang didambakan dalam memberikan kebahagian untuk seorang istri?...soalnya aq hrs belajar n memahami tgs ku sebagai calon suami yg baik
terus tampang(cantik/ ganteng) n materi(penghasilan tetap/kaya) setelah menikah masih berarti gak sih ukhti? apa yg dibutuhkan setelah menikah hanya kasih sayang dan perhatian?.. .

Tika:

Hello bunda tri...


Boleh yukk kumpulll,,,
Gmn kl waktunya sblm ramadhan,jd skalian muup muupan ‎​​​‎​‎​he,,,
Minggu akhir juli??

Jamuannya?? ah jd malu ah yg single or yg couple niy yg mesti ditraktir mentraktir ‎​​​‎​‎​he,,,oke ya saling tau aja ya,,,

Dimanadimanaaaa? ?rumah siapaaaa??yg udah berumahrumahan aja t4nya gimanaaa,,jd biar tau gmn brantakannya rumah seorang bunda pemula hihi...

Syam,pertanyaannya ga nahan :p


Syam:

ah jeng tika suka memuji....wkwkwkkkk

aq ada saran nih, klo memang gak ada rumah untuk tmpt kumpul, supaya gak nyusahin bagaimana kt ke monas or di ragunan (paket mumer) masalah snack, minum or mkn bawa sendiri2 aja...
misalnya...ane bawa keripik n jeng tika bawa kue, trs di satuin trs kt mkn brng2.

ada yg punya ide lain?

Me:

waaa..setuju2 aja siy klo pd mo ngumpul2 (semoga jadwal q n suami bisa barengan kosong, jd bisa ikt).. tp btw jgn terlalu dkt ma wkt menjelang ramadhan ya..takutnya bingung milih mhadiri perkumpulan yg mana krn (prepare jadwal bentrok) biasanya pd mo ketemuan2 gt kan menjelang Ramadhan? hehehe

klo mslh tempat aq ikt yg laen ajah..di alam terbuka jg boleh (lbh enak) biar kerasa nyante nya..so monggo teman2 jadwalnya n tmpt nya...

@syam:
pertanyaannya aq tulis ulang nih:
aq boleh tanya ya ukhti rimban ukhti nora...kira2 seorang suami yg bagaimana (karakter/sifat) yang didambakan dalam memberikan kebahagian untuk seorang istri?...soalnya aq hrs belajar n memahami tgs ku sebagai calon suami yg baik
terus tampang(cantik/ ganteng) n materi(penghasilan tetap/kaya) setelah menikah masih berarti gak sih ukhti? apa yg dibutuhkan setelah menikah hanya kasih sayang dan perhatian?.. .

begini syam :
menurut aq, suami dambaan tiap org beda2. Ada yg dengan perhatian dan kasih sayang, dia sudah merasa memiliki segalanya krn mungkin bagi sang istri inilah yg dia cari. masalah penghasilan tetap atw kekayaan baginya adalah bonus selanjutnya, bukan yg terpenting, krn baginya apapun adanya kehidupan yg dijalani nya bersama suami, adalah hadiah yg diberikan Allah padanya. karena sekali lagi rejeki itu dari Allah, bukan dari suami, jd baginya, jika kasih sayang dan perhatian sudah dimiliki, bagaikan telah memiliki segalanya. Ini tergantung pada karekter dan sudut pandang masing2 yaa...

Mungkin kembali kepada rasa syukur atas apa yang dimiliki...

Trus satu lagi yang harus diingat, menerima suami/istri apa adanya adalah utama. Jika ternyata apa yg diharapkan tidak sama dg yg didapat, mungkin itu menurut sudut pandang kita, menurut Allah dialah yg terbaik untuk kita. Jadi jangan sampai begitu sudah menikah, dan ternyata suami/istri tdk seperti yang dibayangkan, kemudian putus asa, tapi cobalah saling terbuka, saling belajar kekurangan dan kelebihan masing-masing dan komunikasikan. segala sesuatu bisa dibina. Ibaratnya yg bengkok bisa diluruskan klo sama2 mau berubah. memang butuh waktu tp itulah tantangannya mungkin.

coba baca ini : memiliki dirimu (istri/suami) adalah berkah terbaik dan terbesar dari Allah, memiliki kehidupan yg layak, memiliki anak dan hal2 lainnya hanyalah bonus berikutnya yg Allah berikan kepada ku.

ulangi lagi
ulangi lagi

trus resapi

hhehehehe

kira2 begitu deh klo menurut aq syam ^_^
maklum lg belajar juga nih, namanya jg kuliah kehidupan, tiap hari ada sks nya, tiap minggu ada pembelajaran baru, tiap bulan ada koreksi pd diri masing2 (istri/suami) dan tiap tahun ada ujian nya...

maaf atas keterbatasan dalam menuturkan yuaaaaaaaaaaa ^___^


salam,

nora & makhri


Rimba Domesti:

Jd gmn, dah ada jdwl ngumpul nih?

Ikut dong ikut...

@ Syam:

Salut, dgn bertanya seperti itu artinya syam berusaha ingin jadi suami yg baik bagi istrinya kelak.
Cieee, dah ada calonnya yaah.,

Tapi syam nanya dari sudut pandang wanita, kan.
Baiklah, ini pendapatku.

Setiap wanita punya karakter yg berbeda, fisik yg berbeda, dan latar belakang yg tak sama.
Namun intinya sama saja. Cinta.

Tanpa cinta, hati tetap bisa merasa bahagia.
Namun dengan cinta, barulah hati akan merasa sempurna.
Buatlah istrimu merasa dicintai, merasa terlindung, merasa istimewa dimatamu.

Caranya?
Pinter2nya syam dong cari tahu.
Perhatikan, istrimu itu orangnya romantis/cuek/ apalah, tinggal disesuaikan aja.,

Satu lagi, materi juga penting sih.
Bukan hanya bagi wanita, laki2 juga sama butuh kan.
Apalagi sudah berkeluarga, punya anak butuh materi yg tdk sedikit.

Hati2, cewek matre banyak berkeliaran.
Tapi cewek yg gak matre, merasa cukup dengan hasil kerja keras suami, dan beriman bertaqwa, juga gak kalah banyak kok.
Semoga Syam nanti dapetin jodoh yg paling paaas buatmu. Pilihan Allah.
Wallahualam. ,

Udah dulu aja deh,
Salam,


Akhirnya begitu deh akhir dr milis sementara. hehehhe ......
ternyata pengetahuan kita diawal pernikahan belum cukup, bagi yg mau memulai awal baru pernikahan jg blm ada apa-apanya, musti ada instropeksi diri dan keberanian mencari sendiri sekali lagi mengenainya. Aq sendiri pun baru seujung kuku membekali diri, masih ada ilmu yg membuat q terkejut. Misalnya bagaimana persiapan sebagai ibu..trus untuk suami q, seberapa jauh taunya dia mengenai persiapan menjadi ayah.

next chapter ya..insyaallah nanti aq tulis, kemarin tgl 23 juli aq dapat bekal tuk cerita bagaimana menjadi ayah hebat dari kajian PARIS di Masjid Agung Sunda Kelapa. Lumayan perlu dituliskan di blog ini.

ditutup dulu ya sekarang dengan membaca doa penutup majelis :)
bla..bla..Amiin

Tidak ada komentar: